www.lampungpagi.com
06:11 WIB - Rumah dan Satu Unit Mobil Xenia Hangus Dilalap Sijago Merah | 08:12 WIB - Penyelenggaraan Lomba Sekolah Sehat Terus Memicu Perbaikan | 08:04 WIB - Wapres Jusuf Kalla Akan Membuka Rakernas Tarbiyah di Lampung | 08:00 WIB - Pemprov Lampung Dukung Pengurus Persi Cegah Penyakit Ginjal | 07:56 WIB - Dinas PUPR Provinsi Lampung Gelar Bimtek Jalan dan Jembatan | 07:50 WIB - Balitbangda Tangkap Peluang Riset Pengembangan Kopi Robusta
 
DPRD Gelar Paripurna Istimewa Peringati HUT ke-81 Kota Metro
Selasa, 26/06/2018 - 14:52:56 WIB
Wagub Bachtiar Basri pada acara Paripurna DPRD Kota Metro, Senin (25/6/2018).
TERKAIT:
 
  • DPRD Gelar Paripurna Istimewa Peringati HUT ke-81 Kota Metro
  •  

    LAMPUNGPAGI.COM -- DPRD Kota Metro menggelar Rapat Paripurna Istimewa dalam Rangka Peringati hari jadi Kota Metro ke-81 tahun 2018 berlangsung di gedung DPRD Metro, Senin (26/6) yang dihadiri Wakil Gubernur Lampung Hi.Bachtiar Basri, Walikota Metro Achmad Pairin, Ketua DPRD Anna Morinda, Wakil Walikota Djohan, Forkopimda, Jajaran SKPD, Camat, Lurah se-Kota Metro, Gerakan Organisasi Wanita (GOW), pimpinan organisasi kemasyarakatan, pemuda, tokoh agama, tokoh Adat, tokoh masyarakat dan tamu undangan.

    Dalam Paripurna itu juga ditayangkan film dokumenter sejarah lahirnya Kota Metro dengan cikal bakal yang berawal dari Desa Induk Trimurjo, yang diketahui pembangunan induk desa tersebut untuk menampung kolonis yang didatangkan secara bertahap sehingga daerah bukaan baru ini semakin berkembang pesat serta terbuka dengan bertambahnya penduduk kolonis yang berdampak pada pertumbuhan dan kemajuan ekonomi nya.

    Desa Trimurjo berganti nama pada hari Rabu 9 Juni 1937 dengan menjadi Metro, seiring waktu perkembangan penduduk nya semakin pesat dan akhir nya Metro dijadikan tempat kedudukan asisten Wedana Serta pusat pemerintahan onder District Metro dengan Asisten Wedana (camat) pertama adalah Raden Mas Sudarto.

    Serta di ceritakan dalam penayangan film Dokumenter tersebut tanggal penggantian nama Trimurjo di tetapkan sebagai hari jadi Kota Metro. Kolonis mengatakan nama Metro berasal dari kata Mitro yang berarti keluarga, persaudaraan, atau bisa diartikan kumpulan kawan-kawan. Sedangkan menurut kolonis lain mengatakan Metro mempunyai arti ganda yaitu saudara/persaudaraan ditempat terletak di tengah-tengah antara rancangan (Pekalongan) dan Adiputro (Trimurjo).

    Seiring perjalanan waktu,Metro Sebagai pusat Pemerintahan kecamatan kota Metro serta ibukota kabupaten Lampung Tengah di tingkatkan status nya menjadi Kota Administratif pada tanggal 14 Agustus 1986 berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 34 tahun 1986. Serta Peresmian nya pada saat itu dilakukan oleh Mentri Dalam Negeri yaitu Letjend. Soeparjo Rustam pada tanggal 9 September 1987.

    Keinginan untuk menjadi Kota Metro sebagai otonomi bermula pada tahun 1986 selanjutnya pada tahun 1970/1971 ketika panitia pemekaran Dari ISI Provinsi Lampung merencanakan untuk memekarkan Dari II ( 1 kotamadya dan 3 kabupaten) menjadi 10 Dari II (2 kotamadya dan 8 kabupaten) harapan itu terpenuhi dengan diresmikannya Kotamadya Dari II Metro yang sekarang dengan Nomenklatur baru disebut Kota Metro.

    Selanjutnya Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri,di dampingi Walikota Metro A.Pairin, Ketua DPRD kota Metro Anna Morinda,Wakil Walikota Djohan serta seluruh yang hadir pada Rapat paripurna istimewa DPRD kota Metro menuju Tempat Pemotongan tumpeng dalam Rangka peringati Hari jadi Kota Metro ke-81 tahun 2018.

    Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri saat di wawancarai lampungpagi.com mengatakan walaupun hari ini sibuk dengan baru masuk hari pertama,selaku Wakil gubernur saya menyempatkan hadir di Kota Metro.

    Kota Metro ini sebetulnya tinggal polesan sedikit saja,artinya yang tadi disampaikan dalam pidato Walikota Metro meningkatkan daya saing,untuk menjadikan Metro sebagai kota Pendidikan dan ini sangat mungkin dikarenakan infrastruktur untuk akses ke kota Metro dengan melalui Tol sangat mudah sampai Metro, ke depan nya dengan letak wilayah yang sangat strategis, kami sangat mensuport kota Metro supaya benar-benar bisa merealisasikan sebagai kota pendidikan, selain itu kota Metro memilki daya saing dalam bidang ekonomi dikarenakan sudah mapan,"terang nya.

    Menurut Bachtiar Basri kota Metro tidak membutuhkan biaya besar untuk mewujudkan Kota Pendidikan,dengan bisa memilih dengan tepat melalui kawan-kawan Anggota DPRD dan bersama Pemerintah Daerah,apalagi  disini ada Pak Djohan sebagai Wakil Walikota yang memiliki pengalaman dibidang keuangan dan juga Walikota Metro Pak Pairin yang Memiliki pengalaman di bidang pemerintahan, dan saya sudah kenal lama dengan Pak pairin pada tahun 1981 awal saya masuk Metro, beliau Pak Pairin sudah menjadi pegawai Negeri Sipil di kesehatan,"jelas Bachtiar.

    Dalam kesempatan yang sama Ketua DPRD Kota Metro Anna Morinda Menyampaikan bahawa usia ke-81 kota Metro merupakan perjalanan yang panjang,pada hari ini kita bisa menikmati sebuah kota yang dibuka dari hutan dan itu harus kita syukuri bersama semua elemen masyarakat, termasuk rekan media, warga masyarakat, seluruh pemuda untuk dapat mengisi pembangunan kota Metro ini secara bersama agar dapat menjadi kota yang maju,"ujarnya.

    Menurut Anna Morinda Visi kota Metro menjadi Kota Pendidikan dengan berbagai aspek, dan di sini kita berharap pendidikan bukan saja dibidang formal tetapi harus bisa ke non formal nya dan juga pendidikan karakter.

    Selain itu kita punya Visi Dan Misi pada sektor Pariwisata dengan wisata keluarga dan berharap hal tersebut diraih bersama visi Pendidikan nya, jadi wisata-wisata yang kita bangun itu dapat selaras dengan visi kota pendidikan,"terang nya.

    Anna Morinda menjelaskan Hari jadi Kota Metro tanggal 9 Juni 2018 yang bertepatan dengan bulan suci Ramadhan 1439 H tahun 2018 mengisi nya dengan berbagai kegiatan bersama berbagai elemen masyarakat,

    "Hari ini kita melaksanakan sidang Paripurna istimewa DPRD kota Metro dalam Rangka peringati Hari jadi Kota Metro ke-81 tahun 2018, kita sangat berterimakasih dihadiri dari Berbagai kalangan dan elemen masyarakat, kita tidak ada event khusus pada tanggal 9 Juni, tetapi kami di rumah Dinas DPRD selama bulan puasa telah melakukan berbagai kegiatan dengan ngabuburit asik,acara santai yang melibatkan banyak elemen masyarakat dan Komunitas sambil berbicara membahas tentang kebinekaan dan kebangsaan,"pungkas Anna. (Advertorial)





    Editor: Ade Suhendra


    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan kirim ke: Redaksi: Jln. Urip Sumoharjo No.130 Bandar Lampung
    Telp. (0721) 5602599 Fax. (0721) 5602599
    Email: lampung.pagi@gmail.com, lampungpagimedia@gmail.com.
    (mohon dilampirkan data diri Anda)

     
    Berita Lainnya :
  • DPRD Gelar Paripurna Istimewa Peringati HUT ke-81 Kota Metro
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    SALAM PAGI

    DISKUALIFIKASI OTAK POLITIK UANG DAN KECURANGAN PILKADA
     
     
     
     
    Kanal & Rubrik : Politik Orkes Hukrim Ekbis Pemerintahan Pendidikan Pariwisata Umum
    Internasional Salam Pagi

    © 2016 PT. Lampung Pagi Media, All Rights Reserved
    Lampung : Bandar Lampung Lampung Barat Lampung Selatan Lampung Tengah Lampung Timur
    Lampung Utara Mesuji Metro Pesawaran Pesisir Barat Pringsewu Tanggamus
    Tulang Bawang Tulang Bawang Barat Way Kanan
    Management : Redaksi Disclaimer Dewan Pers